Langsung ke konten utama

9 Istilah Dalam Pembuatan Yoghurt

Pembuatan Yoghurt - dalam pembuatan Yoghurt banyak versinya. Padahal pada awal mula penemuan produk yoghurt adalah dengan poses yang tidak sengaja yang dilakukan oleh pedagang turki yang membawa susu dalam kantong yang terbuat dari usus domba sebagai bekal perjalanan. Dan banyak orang Bulgaria yang sering mengkonsumsi yoghurt badannya tetap sehat walau usianya sudah lanjut.
Pembuatan-susu-Fermentasi-yoghurt
Illustrasi : Pembuatan Susu Fermentasi

Pada mulanya Yoghurt terbuat dari susu sapi saja, tetapi seiring berjalannya waktu maka banyak yang membuat yohurt dari sumber susu lain seperti susu kambing, susu kuda bahkan susu nabati yang terbuat dari kedelai (Susu Kedelai).

Dalam pembuatan yoghurt kita akan mengenal istihal – istilah yang sering digunakan yang akan membuat kita menjadi lebih bertambah wawasan kita.

Berikut adalah istilah – istilah yang akan sering kita dengar jika dalam pembuatan yoghurt.


1.    Yoghurt

Yohurt adalah produk hasil olahanyang terbuat dari susu segar yang difermanasi menggunakan Stater atau mikroorganisme yaitu bakteri asam laktat dengan jenis Laktobacillus Blgaricus dan Treptococcus thermophilus.

2.    Bioteknology

Dikutip dari Wikipedia Bioteknology adalah cabang ilmu biology yang mempelajari pembuatan produk atau jasa yang proses pembuatannya melibatkan microorganism seperti bakteri, jamur, virus, enzim dal lain sebagainya.

3.    Bibit Yoghurt

Bibit Yoghurt adalah istilah yang dipakai untuk nahan dasar pembentukan yoghurt yang memiliki cita rasa asam segar dan bertekstur kental berbentuk pasta. Bibit atau stater yang biasa digunakan dalam yoghurt adalah jenis Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus. Thermophilus.

4.    Pasterurisasi

Seorang ilmuan asal prancis adalah orang pertama yang menemukan istilah ini. Dimana pasterisasi adalah proses pemansan atau pengolahan dengan  menggunakan suhu tidak mencapai titik didih yang bertujuan untuk membunuh bakteri jahat, protozoa, kapang dan ataupun khamir. Ada 2 jenis pasteurisasi yaitu menggunakan suhu tinggi tetapi dengan waktu yang sebentar dan yang kedua adalah dengan suhu sedang dengan waktu yang agak lama. Biasanya dalam pembuatan yoghurt menggunakan metode yang kedua. Yaitu menggunakan suhu sedang dengan waktu yang agak lama.

5.    Sterilisasi

Illistrasi : Sterilisasi Peralatan Pembuatan Yoghurt Sebelum digunakan
Dalam pembuatan yoghurt biasanya kita diharuskan menggunakan alat yang steril dan untuk itu proses sterilisasi dibutuhkan disini. Pengertian sterilisasi tersebut adalah memusnahkan atau menghilangkan microorganisme seperti bakteri dan lain sebagainya agar tidak merusak bakteri yang akan dikembangkan dengan proses pemanasan dengan menggunakan suhu yang tinggi dengan waktu terentu.

6.    Inkubasi

Inkubasi adalah proses pemeliharaan kultur atau bakteri dalam suhu tersentu dan menggunakan waktu yang terukur untuk memantau perkembangan bakteri yang digunakan dalam proses pembuatan produk (dalam hal ini adalah Yoghurt).

7.    Incubator

Alat yang digunakan dengan dikondisikan agar didalam alat tersebut memiliki suhu tertentu. Biasanya dialiri listrik dengan dipasangkan lampu sebagai sumber panasnya dan memiliki tombol sebagai pengatur suhu tersbut. Dalam hal ini incubator tersebut adalah untuk perkembangan microba yang dikembangkan.

8.    Titik kritis

Titik kritis adalah sebuah fase dimana pada saat proses tersebut mendekati titik yang akan menentuka berhasil atau tidaknya produk tersebut.bisa diartikan titik gawat atau titik penentuan keberhasilan atau kegagalan suatu proses.

9.    Suhu optimum

Suhu optimum adalah suhu tebaik bagi suatu organisme untuk melakukan seluruh fungsi hidup. Sehngga dia akan berkembang biak dengan baik dan sehat. Dalam proses pembuatan yoghurt adalah menjadikan yoghurt tersebut benrkembang sempurna sehingga akan  menghasilkan yoghurt yang bercita rasa asam segar dan tekstur yang lembut dan kental.

Ada banyak ilmu yang mempelajari tetang pembuatan yoghurt dan juga ada beberapa versi dalam proses pembuatan yoghurt. terlepas dari itu istilah – istilah diatas akan membantu anda dalam pembuatan yoghurt tersebut. Semoga dengan ini anda akan tercerahkan.

Baik itu saja yang dapat saya sampaikan. Bagai mana apakah anda tertaik untuk membuat yoghurt sendiri? Jika ya Klik disini untuk mendapatkan informasi 12 Manfaat yoghurt untuk Tubuh kita. Akhir kata semoga hari anda menyenangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Pembuatan Yoghurt Yang Sederhana dan Benar

Cara Pembuatan Yoghurt Yang Sederhana dan Benar - Cara pembuatan yoghurt banyak bertebaran di internet, tetapi tidak semua sumber memberikan informasi yang benar. Untuk itu saya akan menjelaskan bagaimana cara Pembuatan Yoghurt yang benar dimana saya sudah mempraktekannya sendiri dirumah. Yoghurt yang dibuat secara sederhana Menggunankan peralatan yang ada dirumah, sehingga tidak terlalu memusinkan tentang peralatan yang tidak anda punyai disekitar dapur anda. Hal ini untuk memudahkan anda agar segera langsung take action dan tidak berfikir terlalu panjang dengan memikirkan hal yang tidak perlu. Cara yang akan saya sampaikan disini adalah sesuai dengan pengalaman yang sudah saya alami. Jadi bisa dibilang saya adalah praktisi ( karena saya memperaktekannya sendiri dirumah). Cara yang saya gunakan adalah sangat sedernaha karena menggunakan peralatan yang ada dirumah saja. Tidak memerlukan alat yang mahal ataupun aneh. Sebelum saya mulai menyampaikan cara pembuatan yoghur

Cara buat yoghurt yang Simple dan Mudah

Cara Buat Yoghurt - Cara buat yoghurt yang Simple yang harus kamu ketahui dan enak ternyata mudah loh. Ingin tau caranya seperti apa? Makanya simak artikel ini sampai selesai ya. Karena saya akan membahasnya disini. Tapi apakah kalian sudah tau yoghurt yang enak itu seperti apa? Untuk itu jangan lupa untuk klik link berikut ini, disitu saya sudah membahas masalah pembuatan yohurt sendiri dirumah dengan peralatan sederhana dan yang sudah tersedia dirumah. Jadi kalian tinggal peraktek saja tanpa harus memikirkan peralatan yang ribet. Cara buat yoghurt yang Simple Udara yang panas buat orang dehidrasi, jadi perlu minum yang banyak untuk memulihkan cairan tubuh yang telah keluar. Sepearti yang kita ketahui bahwa tubuh manusia sebagian besarnya adalah air. Tahukah anda kandungan air pada manusia berbeda – beda. Untuk bayi yang baru lahir kandungan air dalam tubuhnya bisa mencapai 80%, pada orang dewasa berkurang menjadi 60% - 70%. Dan untuk orang yang telah lannjut usia lebih dari