Langsung ke konten utama

Cara Pembuatan Yoghurt Yang Sederhana dan Benar

Cara Pembuatan Yoghurt Yang Sederhana dan Benar - Cara pembuatan yoghurt banyak bertebaran di internet, tetapi tidak semua sumber memberikan informasi yang benar. Untuk itu saya akan menjelaskan bagaimana cara Pembuatan Yoghurt yang benar dimana saya sudah mempraktekannya sendiri dirumah.


cara-membuat-yoghurt-sederhana-dan-benar
Yoghurt yang dibuat secara sederhana
Menggunankan peralatan yang ada dirumah, sehingga tidak terlalu memusinkan tentang peralatan yang tidak anda punyai disekitar dapur anda. Hal ini untuk memudahkan anda agar segera langsung take action dan tidak berfikir terlalu panjang dengan memikirkan hal yang tidak perlu.
Cara yang akan saya sampaikan disini adalah sesuai dengan pengalaman yang sudah saya alami. Jadi bisa dibilang saya adalah praktisi ( karena saya memperaktekannya sendiri dirumah). Cara yang saya gunakan adalah sangat sedernaha karena menggunakan peralatan yang ada dirumah saja. Tidak memerlukan alat yang mahal ataupun aneh.
Sebelum saya mulai menyampaikan cara pembuatan yoghurt sesuai pengalaman saya. Maka ada baiknya ada  membaca artikel saya berikut ini tentang cara membuat yoghurt dimana disana saya merincikan secara jelas alat dan bahan yang digunakan. Sedangan disini saya hanya akan menjelaskan caranya saja yaitu cara pembuatan yoghurt secara sederhana dan berhasil.

 

Baiklah kita mulai dengan cara pembuatan yoghurtnya.
alat-pembuatan-yoghurt-sederhana
Illustrasi: Peralatan Sederhana Pembuatan Yoghurt

 1.       Pertama yang perlu anda siapkan adalah bahan dan peralatannya. Perlatan yang diguanakan adalah panci stainless steel. Spatula dari kayu, kompor gas. Jars, dan kotak yang bisa kita kondisikan sebagai incubator. Anda bisa membuat incubator ala anda sendiri. Saya saja menggunakan lemari yang tidak dipakai. Kemudian saya kondirikan dengan memberikan lampu sebagai alat pemanasnya. Karena incubator tersebut suhu optimumnya adalah 35OC – 38OC.

2.       Jika peralatan diatas tersebut telah anda siapkan maka langkah selanjutnya adalah anda nyalakan kompor gas dan setting dengan api yang tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil. Yang sedang saja. Jika api terlalu besar maka besar kemungkinan susu akan mendidih dan akhirnya susunya pecah atau rusak.


3.       Panaskan susu segar dan aduk secara berkala dan  perlahan. Ini bertujuan agar suhu susu tidak telalu tinggi (proses pasteurisasi). Sehingga akan menghasilnya susu yang lebih kental.  Volumenya berkurang akibat menguapnya kandungan air pada susu tersebut. Proses pasteurisasi ini berlangsung kurang lebih 20 sampai 25 menit.


4.       Jika voleme susu menyusut dan kra kira suda 70% maka angkat susu tersebut, kemudian langsung didinginkan dengan air yang mengalir. Sampai suhu susu tersebut  mencapai 35OC.
yoghurt-plain-yang-siap-diolah-menjadi-minuman
Yoghurt Yang Telah Berhasil Dibuat

5.       Masukan bibit yoghurt kedalam susu yang hangat tadi secara bersamaan. Lau aduk rata. Dan diusahan untuk menutup panci tersebut selama proses pendinginan dan pemberian bibit. Jadi ketika akan pembibitan maka buka sedikit saja tutup pancinya. Ini agar meminimalisir kontaminasi udara.


6.       Setelah proses pembibitan selesai maka maksukan panci berisi susu tersebut kedalam iinkubatir yang telah kita kondisikan sebelumnya agar suhu didalam incubator tersebut mencapai suhu optimum.

7.       Diamkan atau inkubasikan kurang lebih 4 sampai 6 jam. Sampai tekstur yoghurt tebentuk kental seperti pasta ataupun pudding.

8. Segera angkat dan masukan kedalam lemari pendingin untuk diproses ketahap berikutnya, anda bisa menjadikannya sebagai bahan tambahan minuman lainnya atau mau dijadikan bahan maskeran untuk wajah dan ubuh anda.


Jika proses diatas telah anda lakukan dan berhasil, maka ada baiknya anda untuk terus mengulainya. Hal ini bertujuan agar anda terbiasa membuatnya dan dengan begitu anda sendirinya akan mahir membuat yoghurt tersebut.

yoghurt-alami-enak-disantap
Yoghurt Natural Lezat dan kaya Gizi
Tetapi jika praktek pertama anda tidak berhasil, hal serupapun harus anda lakukan yaitu mengulangi praktek pembuatan yohgurt tersebut dengan menganalisa kesalahan apa yang telah anda buat sehingga anda bisa dengan sendirinya menyadari bahwa hal tersebut tidak perlu anda lakukan lagi di praktek – praktek pembuatan yoghurt selanjutnya.

Yakin bahwa dinunia ini tidak ada hal sulit untuk melakukan sesuatu, ang perlu anda lakukan adalah tekun dalam melakukannya dan cintai apa yang anda lakukan. Ini akan mengajarkan kepada anda sesuatu yang berharga. Yaitu cara pembuatan yoghurt yang sederhana dan benar anda lakukan dirumah.

Demikianlah alur proses pembuatan yoghurt yang sederhana. Anda bisa melakukannya dirumah sendiri. Dengan menggunakan peralatan yang sederhana dan semuanya tersedia dirumah anda. Kini andapun bisa membuat yoghurt sendiri dirumah. Mungkin kedepannya ada akan mempunyai bisnis yoghurt ini. Maka ada baiknya anda langsung action untuk memulai praktek membuat yoghurt sendiri dirumah. Sampai ketemu lagi di postingan saya sebelumnya tentang 12 manfaat yoghurt. Salam manis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara buat yoghurt yang Simple dan Mudah

Cara Buat Yoghurt - Cara buat yoghurt yang Simple yang harus kamu ketahui dan enak ternyata mudah loh. Ingin tau caranya seperti apa? Makanya simak artikel ini sampai selesai ya. Karena saya akan membahasnya disini. Tapi apakah kalian sudah tau yoghurt yang enak itu seperti apa? Untuk itu jangan lupa untuk klik link berikut ini, disitu saya sudah membahas masalah pembuatan yohurt sendiri dirumah dengan peralatan sederhana dan yang sudah tersedia dirumah. Jadi kalian tinggal peraktek saja tanpa harus memikirkan peralatan yang ribet. Cara buat yoghurt yang Simple Udara yang panas buat orang dehidrasi, jadi perlu minum yang banyak untuk memulihkan cairan tubuh yang telah keluar. Sepearti yang kita ketahui bahwa tubuh manusia sebagian besarnya adalah air. Tahukah anda kandungan air pada manusia berbeda – beda. Untuk bayi yang baru lahir kandungan air dalam tubuhnya bisa mencapai 80%, pada orang dewasa berkurang menjadi 60% - 70%. Dan untuk orang yang telah lannjut usia lebih dari

9 Istilah Dalam Pembuatan Yoghurt

Pembuatan Yoghurt - dalam pembuatan Yoghurt banyak versinya. Padahal pada awal mula penemuan produk yoghurt adalah dengan poses yang tidak sengaja yang dilakukan oleh pedagang turki yang membawa susu dalam kantong yang terbuat dari usus domba sebagai bekal perjalanan. Dan banyak orang Bulgaria yang sering mengkonsumsi yoghurt badannya tetap sehat walau usianya sudah lanjut. Illustrasi : Pembuatan Susu Fermentasi Pada mulanya Yoghurt terbuat dari susu sapi saja, tetapi seiring berjalannya waktu maka banyak yang membuat yohurt dari sumber susu lain seperti susu kambing, susu kuda bahkan susu nabati yang terbuat dari kedelai (Susu Kedelai). Dalam pembuatan yoghurt kita akan mengenal istihal – istilah yang sering digunakan yang akan membuat kita menjadi lebih bertambah wawasan kita. Berikut adalah istilah – istilah yang akan sering kita dengar jika dalam pembuatan yoghurt. 1.    Yoghurt Yohurt adalah produk hasil olahanyang terbuat dari susu segar yang difermanasi menggunakan