Langsung ke konten utama

4 Komponen Cara Buat Yogurt Plain Berhasil

Komponen Cara Buat Yogurt Plain Berhasil - Anda ingin mencoba buat yogurt dirumah sendiri? Apakah anda yakin anda bisa melakukannya? Tapi jangan khawatir, ada baiknya agar anda yakin berhasil buat yogurt ala anda sendiri dirumah.  Cara buat yogurt plain dirumah sendiri tidaklah sesulit yang orang bayangkan. Tetapi anda harus tahu dulu yang kiat – kiatnya atau titik kritisnya apa saja.

Komponen-Keberhasilan-Cara-Buat-Yoghurt
Komponen Keberhasilan Cara Buat Yoghurt
Sebenarnya saya sudah menjelaskan tentang cara membuat yogurt disini dan manfaat yohgurt disini. Jika anda belum membacanya, saya anjurkan anda untuk membacanya terlebih dahulu. Agar pemahaman anda makin bertambah dan ilmu anda semakin banyak. Sehingga anda akan memahami step by step cara buat yogurt plain yang benar dan berhasil.

4 Komponen Cara Buat Yogurt Plain Berhasil yang perlu anda perhatikan adalah:

1.    Kebersihan peralatan

Peralatan-Untuk-Pembuatan-Yoghurt-Harus-Bersih-dan-Steril
Alatan Untuk Pembuatan Yoghurt Harus Bersih dan Steril
Sebelum memulai membaut yogurt ada baiknya ada memeriksa kebersihan peralatan yang anda gunakan. Hal ini menjadi salah satu yang sangat penting untuk keberhasilan anda dalam membuat yogurt yang anda inginkan. Salah satu titik kristis dalam pembuatan yogurt adalah disini. Selain bersih, peralatan yang akan digunakan juga harus steril. Anda bisa memanaskan peralatan anda didalam oven ataupun dengan cara meyemprotkan alkohol ke atas permukaan peralatan yang akan anda gunakan. Dengan demikian bakteri yang menempel di peralatan tersebut akan hilang.

2.     Bibit yang digunakan

ke-dua-Bibit-Yoghurt-Harus-Sehat
Bibit Yoghurt Harus Sehat
Bakteri yang digunakan dalam yogurt biasanya ada dua macam yaitu Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus. Kedua jenis bakteri ini umum digunakan untuk pembuatan yogurt dan sebenarnya selain kedua jenis tersebut ada beberapa merk yogurt yang dijual di Indonesia menggunakan bakteri jenis lain. Yang perlu anda perhatikan adalah bibit – bibit yang anda guanakan masih baik dan tidak lebih dari 4 kali penurunan perkembang biakan bibit tersebut. Hal ini bertujuan agar cita rasa serta tekstur yogurt tidak berubah. Jadi ketika anda menggunakan bibit yang lebih dari 4 penurunan perkembang biakan biasanya yogurt yang dihasilkan rasa dan tekstur nya sudah berkurang dimana rasa asamnya serta kekentalannya sudah tidak bagus.

3.    Pasteisasi yang benar

Proses-Pasterisasi-Susu-dengan-benar
Proses Pasterisasi Susu dengan benar
Pastikan bahwa proses pemanasan susu pada menggunakan suhu yang benar yaitu di bawah 80OC. titik kristisnya adalah jangan sampai mendidih, jika hal ini terjadi maka susu bisanya akan terpisah antara bagian whey dangan kandungan lainnya sehingga akan terlihat menggumpal. Jika susu yang anda panaskan menggumpal, sudah dapat dipastikan bahwa susu tersebut tidak dapat digunakan untuk pembuatan yogurt.

4.    Suhu incubator

Ketika proses fermentasi yogurt di incubator  anda harus mengkondisikan incubator tersebut memiliki suhu yang optimum, bianyanya saya membuat incubator dari lemari yang tidak digunakan . saya beri 2 lampu pijar 75 sampai 100 watt. Hal ini bertujuan agar suhu dalam incubator mencapai suhu 35OC. dengan suhu seperti itu biasanya saya memerlukan waktu 4 sampai 6 jam saja proses fermentasi yogurt tersebut.
Proses-Pemanasan-susu-menggunakan-api-sedang
Proses Pemanasan susu menggunakan api sedang

Sebenarnya kebanyakan orang ogah untuk buat yogurt sendiri dirumah, tetapi bagi anda yang ingin memulai bisnis kecil – kecilan dirumah, maka anda bisa mencoba merintis usaha buat yogurt ala rumahan. Cukup dengan kemasan plastic saja dan buat berbagai rasa. Saya piker yogurt buatan anda akan banyak peminatnya. Coba pasarkan di area sekolah, karena pada umumnya anak – anak lebih menyukainya. Dan bagi para orang tuapun tidak khawatir dengan jajanan yang dibeli oleh anaknya, karena mereka mengetahui bahwa yogurt merupakan minuman sehat ang terbuat dari susu segar.

Kandungan vitamin dalam yogurt yang tebuat dari susu segar sangat banyak, diantaanya mengandung kalsium, vitamin D dimana kedua vitamin ini sangat baik untuk kepadatan tulang kita dan kita akan terhindar dari penyakit pengkroposan tulang (Osteoporosis). Selain itu juga kandungan kaklium dalam yogurt bermanfaat untuk meningkatkan sel darah putih sehingga akan meningkatan kinerjanya dalam melawan infeksi dalam sel aliran darah kita.

Baiklah itu saja yang dapat saya share kepada teman – teman semua. Jika kaklian memiliki pertayaan silahkan untuk menuliskannya dikomentar. Dan jika article ini bermanfaat bagi kalian, silahkan kalian share ke media social kalian. Akhir  kata sampai jumpa di article saya selanjutnya. Semoga hari kalian menyenangkan dan  kalian makin tau cara pembuatan yogurt plain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Pembuatan Yoghurt Yang Sederhana dan Benar

Cara Pembuatan Yoghurt Yang Sederhana dan Benar - Cara pembuatan yoghurt banyak bertebaran di internet, tetapi tidak semua sumber memberikan informasi yang benar. Untuk itu saya akan menjelaskan bagaimana cara Pembuatan Yoghurt yang benar dimana saya sudah mempraktekannya sendiri dirumah. Yoghurt yang dibuat secara sederhana Menggunankan peralatan yang ada dirumah, sehingga tidak terlalu memusinkan tentang peralatan yang tidak anda punyai disekitar dapur anda. Hal ini untuk memudahkan anda agar segera langsung take action dan tidak berfikir terlalu panjang dengan memikirkan hal yang tidak perlu. Cara yang akan saya sampaikan disini adalah sesuai dengan pengalaman yang sudah saya alami. Jadi bisa dibilang saya adalah praktisi ( karena saya memperaktekannya sendiri dirumah). Cara yang saya gunakan adalah sangat sedernaha karena menggunakan peralatan yang ada dirumah saja. Tidak memerlukan alat yang mahal ataupun aneh. Sebelum saya mulai menyampaikan cara pembuatan yoghur

Cara buat yoghurt yang Simple dan Mudah

Cara Buat Yoghurt - Cara buat yoghurt yang Simple yang harus kamu ketahui dan enak ternyata mudah loh. Ingin tau caranya seperti apa? Makanya simak artikel ini sampai selesai ya. Karena saya akan membahasnya disini. Tapi apakah kalian sudah tau yoghurt yang enak itu seperti apa? Untuk itu jangan lupa untuk klik link berikut ini, disitu saya sudah membahas masalah pembuatan yohurt sendiri dirumah dengan peralatan sederhana dan yang sudah tersedia dirumah. Jadi kalian tinggal peraktek saja tanpa harus memikirkan peralatan yang ribet. Cara buat yoghurt yang Simple Udara yang panas buat orang dehidrasi, jadi perlu minum yang banyak untuk memulihkan cairan tubuh yang telah keluar. Sepearti yang kita ketahui bahwa tubuh manusia sebagian besarnya adalah air. Tahukah anda kandungan air pada manusia berbeda – beda. Untuk bayi yang baru lahir kandungan air dalam tubuhnya bisa mencapai 80%, pada orang dewasa berkurang menjadi 60% - 70%. Dan untuk orang yang telah lannjut usia lebih dari

9 Istilah Dalam Pembuatan Yoghurt

Pembuatan Yoghurt - dalam pembuatan Yoghurt banyak versinya. Padahal pada awal mula penemuan produk yoghurt adalah dengan poses yang tidak sengaja yang dilakukan oleh pedagang turki yang membawa susu dalam kantong yang terbuat dari usus domba sebagai bekal perjalanan. Dan banyak orang Bulgaria yang sering mengkonsumsi yoghurt badannya tetap sehat walau usianya sudah lanjut. Illustrasi : Pembuatan Susu Fermentasi Pada mulanya Yoghurt terbuat dari susu sapi saja, tetapi seiring berjalannya waktu maka banyak yang membuat yohurt dari sumber susu lain seperti susu kambing, susu kuda bahkan susu nabati yang terbuat dari kedelai (Susu Kedelai). Dalam pembuatan yoghurt kita akan mengenal istihal – istilah yang sering digunakan yang akan membuat kita menjadi lebih bertambah wawasan kita. Berikut adalah istilah – istilah yang akan sering kita dengar jika dalam pembuatan yoghurt. 1.    Yoghurt Yohurt adalah produk hasil olahanyang terbuat dari susu segar yang difermanasi menggunakan